5 Kuliner Bandar Lampung yang Wajib Dicoba

5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Main ke Bandar Lampung

1. Bebek Bakar Mbok Wito
2015-11-03 17.54.34
Di Bandar Lampung ada beberapa outlet RM Mbok Wito, yang gue coba kemarin itu adalah RM Mbok Wito 2 di Jalan Arif Rahman Hakim, No. A16, Way halim. RM Mbok Wito memiliki menu utama olahan ayam dan bebek. Ketika sampe di sana, gue penasaran dan langsung pesan Bebek Bakar Bumbu Kacangnya. Gak lupa waktu itu juga gue pesan kol goreng, lalapan dan sayur asem.
Pas hidangan sampe, gue cukup kaget dengan sajian bebek bakarnya, ukurannya lumayan besar buat gue dan tertutup pekat sama bumbu kacangnya. Pas gue cobain, Subhanallah, baru pertama kali gue nyobain hidangan bebek seenak ini. Terdengar berlebihan sih, tapi serius deh, daging bebek bakarnya yang dibalut bumbu kacang yang pekat itu enak banget! Dagingnya empuk, gak alot, bumbu kacangnya lengket-lengket gimana gitu, ditambah dimakan sama kol goreng dan es kelapa jeruk. Huaaa! Nulis ini jadi kangen makan bebeknya .
Berdua makan di situ dengan menu ayam bakar, bebek bakar, lalapan, sayur asem, nasi dan minum sekitar Rp. 75.000, dan kami puas!
2. Nasi Uduk Toha
2015-11-04 20.04.05
“Yang spesial dari nasi uduk ini apa sih, kok ngehits?”
“Hmmm apa ya?
Gue pikir itu jawaban bercandaan ketika gue menunggu hidangan waktu makan malam di Nasi Uduk Toha, Jl. R.A. Kartini No. 156, Bandar Lampung. Tapi ternyata jawaban itu gak bohong! Gue kaget sekaget-kagetnya dan melongo waktu bayar itu nasi uduk. Makan berdua, 2 nasi uduk, 2 ayam goreng, 2 teh hangat, emping, dan tahu-tempe goreng, masa totalnya 75 rebu! Gak masuk akal sih menurut gue ya, tapi namanya udah abis, ya harus bayar.
Gue gak ngerti kenapa nasi uduk ini jadi legenda dan bagi yang ke Bandar Lampung katanya gak afdol kalo gak ke sini. Tapi menurut gue rasanya biasa aja, sorry to say ya.. Mungkin karena di Bandar Lampung susah nyari nasi uduk kali ya, apalagi di malam hari.
Tapi emang bener, kuliner ini harus kamu coba deh, kalo gak, belum afdol ke Bandar Lampungnya :D Gue sih cukup sekali aja, kecuali dibayarin haha!
3. Pempek Lampung
2015-11-05 20.24.23
Kalo ke Lampung, sempatkanlah kalian nyicipin pempek di sana, mulai dari yang di gerobak di pinggir jalan, sampe yang udah naik kelas dan di jual di restoran khusus pempek. Menurut pacar gue, pempek Lampung sama enaknya kok sama pempek Palembang.
Pas ke Bandar Lampung kemarin, gue cuma sempet nyicipin satu restoran pempek, yaitu Pempek Selamat Teluk Betung Jl. MS Batu Bara No. 48. Kalo kata pacar, selain udah dikomersialisasikan, di sini rasanya biasa aja, masih ada yang jauh lebih enak dengan harga yang lebih murah.
Pas gue cobain, enak kok! Apalagi yang pempek keritingnyaa, favorit banget!!! Cukonya juga enak, pedesnya pas, manisnya pas, seger! Selain pempek, di sini juga ada otak-otaknya lho! Kemarin beli menu paketan di sini dan ngabisin Rp. 100.000an kalo gak salah ya. Worth to try lah!
4. Bakso  Sony
2015-11-06 17.51.16
Kenapa sama tampilannya? Hah? :D Jangan remehkan tampilannya sebelum nyobain. Setidaknya itu yang gue rasakan waktu itu.
Setelah beberapa hari muter-muter Bandar Lampung , dan selalu tutup karena kemaleman pas mau beli Bakso Sony, akhirnya di hari terakhir gue bisa merasakan Bakso Sony yang melegenda itu. Waktu itu gue nyobain Bakso Sony pusat yang ada di Jl. Wolter Monginsidi. 
Harga seporsi baksonya Rp. 15.000 dengan isi cuma 6 butir bakso kecil-kecil, kalo mie ayamnya…ngggg… lupa! Karena waktu itu laper banget dan gue cuma fokus sama makan baksonya. Tapi, harganya gak jauh beda lah.
Ternyata eh ternyata, rasa baksonya enaaaaaak! Daging sapinya berasa bangettt, baksonya kenyal, empuk, dan gurih! Percaya deh, makan seportsi doang pasti minta nagih :D Wajib nyobain!
Bakso Sony udah punya beberapa outlet yang tersebar di beberapa daerah di Bandar Lampung. Katanya sih kualitas rasanya sama aja, yang bedain antrian dan ramenya pembeli. Selain bakso dan mie ayam, di sini juga dijual pempek beku loh buat oleh-oleh, baksonya juga bisa dibawa buat oleh-oleh. :D Beberapa cabangnya antara lain:
Jl. Wolter Monginsidi (deket RS Bumi Waras) -> pusatnya
Jl. Z.A Pagar Alam (deket Teknokrat)
Jl. Raden Intan (sebelum Gramedia)
Jl. Cut Nyak Dien (deket RM Garuda di Depan Chandra Pasar bawah
5. Keripik Pisang Lampung
download
Ke Bandar Lampung gak lengkap rasanya kalo gak beli oleh-oleh keripik pisang. Keripik pisang bisa dibilang merupakan makanan oleh-oleh khas dari Lampung. Saking hitsnya, keripik pisang banyak yang dimodifikasi dengan menambahkan berbagai rasa mulai dari keju, susu, coklat, balado, stroberry hingga melon.

 

0 Response to "5 Kuliner Bandar Lampung yang Wajib Dicoba"

Post a Comment