Galaxy S7 dan S7 Edge disebut ponsel terbaik dari Samsung

Galaxy S7 dan S7 Edge disebut ponsel terbaik dari Samsung

Galaxy S7 dan S7 Edge
Galaxy S7 dan S7 Edge
© igalaxys7
Sambutan positif mengiringi kehadiran Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge pada ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol, Minggu (21/2/2016). Sebagian besar media yang menghadiri acara peluncuran tersebut dan sempat mencobanya tampak sepakat bahwa inilah ponsel terbaik yang pernah dibuat Samsung.
Pemanufaktur gawai asal Korea Selatan itu tidak banyak mengubah desain cantik pendahulunya, S6 dan S6 Edge, tetapi membenamkan kembali beberapa fitur penting yang pernah hilang, seperti baterai yang lebih besar dan kemampuan antiair dan antidebu. Absennya fitur-fitur tersebut pada S6 dan S6 Edge sempat membuat para penggemar kecewa.
Menurut International Data Corporation (IDC), seperti dikutip BBC, tahun lalu, walau masih mendominasi pasar ponsel dunia, pangsa pasar Samsung turun 2 persen, saat para kompetitor seperti Apple, Huawei, dan Xiaomi justru meningkat.
Kembalinya fitur-fitur tersebut, termasuk slot kartu memori Micro SD, bisa membuat gawai Samsung ini kembali kompetitif di tengah serbuan ponsel-ponsel murah berfitur mewah dari para produsen asal Tiongkok.
Laman Wall Street Journal (WSJ) dan C|Net sama-sama memberi julukan "greatest hits". Maksudnya, penulis pada kedua media itu sepakat bahwa Samsung memasang semua teknologi terbaik mereka pada S7 dan S7 Edge.
"Saya sangat menghargai bahwa (Samsung, red.) memurnikan kembali fitur-fitur yang memang berguna. Hanya ada sedikit kompromi daripada yang dipaksakan Samsung kepada kita saat meluncurkan S6 tahun lalu," tulis Geoffrey A. Fowler dari WSJ.
Walau demikian, karena desainnya yang tidak terlalu berbeda dari S6, Ian Fogg, konsultan teknologi IHS, mengingatkan Samsung untuk bisa meyakinkan calon pembeli bahwa S7 adalah ponsel yang berbeda.
"Meski ada perbaikan signifikan pada kamera, chipset, memori tambahan, dan antiair, Samsung harus meyakinkan bahwa semua itu tampak jelas di mata konsumen. Karena secara sekilas (S7 dan S7 Edge, red.) tampak sama dengan model tahun lalu," kata Frogg kepada BBC.

Desain lebih elegan

Samsung mengklaim bahwa Galaxy S7 dan S7 Edge mengusung desain yang lebih elegan, kamera lebih canggih, serta fungsionalitas perangkat lunak dan konektivitas yang lebih baik.
"Kami percaya akan dunia yang lebih cerah, lebih tajam, lebih nyaman, dan lebih menyenangkan. Kami berupaya untuk menyampaikan visi tersebut dengan Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge dengan menggabungkan desain elegan dan fungsionalitas serta memberikan pengalaman mobile tanpa hambatan," kata Koh Dong-jin, Presiden Mobile Communications Business Samsung Electronics, dalam keterangan pers yang diterimaBeritagar.id, Senin (22/2/2016).
Seperti dituturkan di atas, tak banyak perbedaan desain antara S7 dengan pendahulunya, hanya saja ponsel baru ini diklaim lebih ergonomis dan nyaman digenggam.
Antara Galaxy S7 dan S7 Edge hanya berbeda pada ukuran layar dan baterai. S7 berlayar 5,1 inci dengan baterai 3.000mAh, sementara S7 Edge menggunakan layar 5,5 inci dengan baterai 3.600mAh.
Prosesor terbaru yang digunakan --Qualcomm Snapdragon 820 untuk pasar Amerika Serikat dan Exynos 8890 untuk pasar lainnya-- dan RAM 4GB menjanjikan performa yang cepat.
Kamera pada dua gawai ini disebut lebih canggih karena menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan Dual Pixel(piksel ganda)teknologi yang sebelumnya hanya terdapat pada kamera DSLR kelas atas.
Teknologi tersebut membuat lensa bersensor 12 megapiksel yang digunakan bisa mengambil fokus dengan cepat dan mampu menghasilkan gambar lebih terang dan tajam, bahkan dalam pencahayaan rendah.

0 Response to "Galaxy S7 dan S7 Edge disebut ponsel terbaik dari Samsung"

Post a Comment